Sabtu, 23 Februari 2008

SWOT

Pengertian:
Analisa SWOT merupakan suatu bentuk analisa untuk mengidentifikasi Strength (kekuatan) & Weakness (kelemahan) yang merupakan factor internal, serta Opportunity (peluang) dengan Treat (ancaman) yang merupakan factor eksternal suatu perusahaan (baik milik sendiri ataupun pesaing), sehingga diharapkan diperolehnya suatu gambaran yang lebih tepat dan lebih memadai terhadap situasi suatu perusahaan dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya.
- Strength : Faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dalam menghadapi permasalahan.
- Weakness : Faktor-faktor internal yang menjadi kelemahan dalam menghadapi permasalahan.
- Opportunity : Faktor-faktor eksternal yang memberikan pengaruh positif berupa peluang dalam menghadapi permasalahan.
- Treat : Faktor-faktor eksternal yang memberikan pengaruh negatif berupa ancaman yang mengganggu dalam menghadapi permasalahan.
Mengapa perlu analisa SWOT?
Pemahaman yang tepat & memadai terhadap situasi faktor-faktor internal & eksternal keberadaan suatu perusahaan tersebut, karena akan menjadi landasan yang kuat untuk mmenyusun perencanaan & program kerja selanjutnya.
Banyak kasus kegagalan suatu perusahaan disebabkan oleh kurangnya pahamnya perusahaan tersebut terhadap faktor internal & eksternalnya.

*Tips untuk analisa SWOT,
lakukan break-down terhadap situasi internal & eksternal untuk menemukan faktor-faktor yang terlibat, melalui brain-stroming & penggalian informasi dengan melibatkan pihak terkait.
telitilah faktor-faktor yang terkumpul, apafak punya hubungan korelasi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Hanya faktor-faktor yang memiliki korelasilah yang perlu digunakan.
sejauh mungkin, hindari asumsi terhadap situasi suatu faktor. Perjelas situasi faktor-faktor terkait melalui penggalian informasi maupun riset.
ketepatan suatu analisa SWOT tergantung pada cara pandang terhadap diri sendiri (internal) & lingkungan keberadaanya (eksternal). Perlu obyektivitas, kujujuran, & keterbukaan dalam menerapkannya.
analisa SWOT tidak cukup dilakukan hanya pada tahap awal saja, namun perlu dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu, sesuai kebutuhan, terutama dalam memasuki fase-fase baru suatu perusahaan atau karena adanya perubahan signifikan terhadap situasi faktor-faktor internal dan eksternalnya.

0 komentar: